Hukum

Korupsi Pengadaan Kapal, KPK Geledah Tiga Tempat

JAKARTA, SENAYANPOST.com –– Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengungkapkan, pihaknya kembali menggeledah tiga lokasi terkait kasus dugaan korupsi pengadaan kapal.

Tiga tempat yang digeledah berada di wilayah Menteng (Jakarta Pusat), Grogol (Jakarta Barat), dan Bekasi (Jawa Barat).

Ketiga lokasi ini adalah rumah milik pihak direksi dari PT Daya Radar Utama, dan pejabat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Jadi ada tiga lokasi yang kami geledah hari ini, rumah di Menteng, Grogol, dan Bekasi jadi tiga rumah ini adalah rumah di pihak direksi dari PT DRU dan pejabat dari KKP. Nanti dari hasil penggeledahan itu baru akan dipelajari lebih lanjut,” kata Febri di Gedung KPK, Jakarta, Senin (20/5/2019).

Febri mengatakan pihaknya sudah menemukan dua alat bukti pidana korupsi dan telah menetapkan tersangka dalam kasus ini. Namun, Febri masih enggan membeberkan siapa yang sudah jadi tersangka dan detail kasusnya.

“Kalau KPK melakukan penggeledahan itu artinya kasusnya sudah di penyidikan, kalau kasusnya sudah di penyidikan itu berarti sekaligus di sana sudah ada tersangka,” ujarnya.

Adapun dari penggeledahan di tiga lokasi itu, Febri menambahkan pihaknya menyita sejumlah barang bukti berupa dokumen-dokumen terkait pengadaan kapal. Tim, kata Febri, juga menyita sejumlah barang elektronik.

“Kalau dari kemarin Jumat, berarti ada barang bukti elektronik berupa hard disk, compact disk, dan beberapa BB lain yang kami amankan untuk mendukung proses penyidikan yang sedang berjalan,” kata Febri.

Lebih lanjut, Febri mengatakan, dalam kasus ini KPK menduga terdapat kerugian negara dalam jumlah yang cukup besar, hingga mencapai ratusan miliar rupiah. Karena itu, KPK perlu mengumpulkan bukti yang kuat dan sebanyak mungkin.

“Memang dalam kasus ini kerugian keuangan negaranya juga sangat besar ya dari identifikasi yang sudah dilakukan ini lebih dari Rp100 miliar dugaan kerugian keuangan negaranya,” ucap Febri. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close