Lintas Daerah

Korban Keracunan Massal di Lampung Selatan Jadi 424 Orang

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Sampai dengan saat ini jumlah pasien penderita keracunan massal saat pesta hajatan yang berasal dari Desa Banyumas, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Provinsi Lampung, semakin bertambah hingga mencapai 424 orang pasien.

“Hingga saat ini jumlah pasien penderita keracunan semakin bertambah mencapai 424 orang pasien,” kata Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan, Jimmy Hutapea, yang didampingi Kepala Puskesmas Candipuro, Sunardi, di Candipuro, Kamis (5/7/2018).

Ia menjelaskan, dengan bertambahnya pasien yang keracunan itu, pihaknya telah pula menyiapakan dan menambah tenaga medis dari puskemas sekitar dan dari Dinas Kesehatan Lampung Selatan.

Selain itu, tim medis yang disiagakan bertambah dari Puskesmas Tanjung Bintang dan Penengahan, sehingga menjadi 9 puskesmas, masing-masing Puskesmas Candipuro , PRI Sidomulyo, Puskesmas Way Sulan, Puskesmas Talang Jawa, Puskesmas Tanjung agung Kecamatan Katibung, Pusekesmas Bumi Daya Kecamatan Palas, Puskesmas Way Panji.

Sementara, pasien yang sudah dilakukan perawatan, yakni di posko Kesehatan Desa Banyumas 77 orang, Puskesmas Candipuro 39 orang, PRI Sidomulyo 5 orang dan yang di rujuk ke RSU Bob Bazar Kalianda 18 orang serta pasien yang rawat jalan 276 orang, dengan jumlah keseluruhan 424 orang.

Tentang hasil uji laboratorium, Jimmy mengaku belum bisa menduga penyebab keracunan massal ini, karena masih menunggu hasil uji lab dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung.

Kita telah ambil sample untuk di periksa baik dari makanan, air, kotoran dan muntah pasien. Untuk pelayanan pasien kita telah buat jadwal piket. Kita juga telah di bantu oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lampung selatan. Hasil lab-nya paling cepat tiga sampai tujuh hari. Tapi, kita telah minta dengan Dinas Provinsi (Dinkes Lampung) untuk di percepat.” jelasnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close