Lintas Daerah

Konsorsium BUMN Kirab Bendera Merah Putih di Bengkulu

BENGKULU, SENAYANPOST.com – Peringatan detik-detik kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar kirab bendera merah putih di Bengkulu, Sabtu (17/8/2019).

Kirab bendera yang dilepas langsung Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah ini, dimulai dari rumah Fatmawati menuju rumah pengasingan Bung Karno di kawasan Anggut, Kota Bengkulu. Kirab ini dimulai sekitar pukul 06.30 WIB dan berakhir sekitar pukul 08.00 WIB.

Kirab bendera diikuti ratusan peserta yang terdiri dari petugas pembawa bendera dari purna Paskibaraka Bengkulu, para kaum milenial BUMN dan drum band dari pelajar Bengkulu.

Para peserta kirab bendera merah putih ini membentuk formasi 17, 8 dan 45 yang merupakan representasi waktu kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Kirab ini untuk mengenang jasa Fatmawati dalam membantu kemerdekaan Republik Indonesia. Khususnya peran Fatmawati yang menjahit bendera merah putih yang dikibarkan saat proklamasi kemerdekaan. Fatmawati juga merupakan pahlawan nasional.

Saat tiba di rumah pengasingan Bung Karno, para peserta kirab bendera merah putih ini disambut para pimpinan konsorsium BUMN. Kirab bendera ini diakhiri dengan serah terima bendera merah putih dari peserta kirab ke petugas pengibar bendera.

“Kita umpamakan itu adalah bendera yang dijahit oleh ibu Fatmawati yang kita kibarkan ditempat pengasingan Bung Karno,” kata Direktur Utama BTN, Maryono.

Kirab bendera merah putih ini juga dihadiri veteran pejuang kemerdekaan Republik Indonesia di Bengkulu, para tokoh dan masyarakat Provinsi Bengkulu. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close