Lintas Daerah

Kondisi Hutan Dunia Makin Memburuk

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Meski telah ada rezim kehutanan internasional yang mengatur pengelolaan hutan dari level global dan nasional, namun ternyata kondisi hutan dunia terus memburuk yang ditengarai dengan semakin menurunnya luasan hutan.

Pakar Politik dan Kebijakan Kehutanan UGM, Prof. Ahmad Maryudi, Jumat (23/3/2018) mengatakan, deforestasi terus saja terjadi yang angkanya berkisar 10-13 juta hektare per tahun.

“Belum lagi hutan yang terdegradasi, jumlahnya jauh lebih banyak,” kata Guru Besar Fakultas Kehutanan UGM ini.

Di Indonesia sendiri, katanya, kondisi hutan juga terus memburuk. “Deforestasi dan degradasi menyebabkan luasan lahan hutan Indonesia semakin berkurang.  Deforestasi dan degradasi hutan di Indonesia terparah terjadi selama rentang waktu 2000-2005. Setidaknya 1,8 juta hektare hutan hilang setiap tahun,” jelasnya.

Maryudi mengatakan kehutanan Indonesia masih menghadapi tantangan persaingan dengan sektor pertanian, terutama perkebunan kelapa sawit. Ekspansi lahan untuk kepentingan industri sawit terjadi secara besar-besaran.

Pada saat ini, jelasnya, setidaknya  ada 12 juta hektare lahan sawit dan ditargetkan akan terus meluas hingga mencapai 20 juta hektare,” kata Maryudi.

Ia juga mengungkapkan adanya tumpang tindih regulasi antara kehutanan dan tata ruang. Maryudi menyontohkan di Riau dan Kalimantan Tengah yang belum adanya padu serasi antara tata ruang kehutanan dengan tata ruang kedua provinsi tersebut. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close