Ekonomi

Kompetisi The Big Start Dongkrak Pengembangan UMKM

BANDUNG, SENAYANPOST.com – The Big Start, sebuah kompetisi bagi pengusaha muda untuk mendongkrak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) digelar bersama oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Blibli.com.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Iwa Karniwa, mengatakan The Big Start menjadi bentuk kolaborasi Pemprov Jabar dengan pihak swasta dalam mengembangkan UMKM di Jabar, khususnya di sektor pemasaran dan pemasaran produk masih menjadi kendala utama UMKM di Jabar.

“Kami sudah mendorong dari sisi sertifikasi halal MUI, dengan sebagian pembiayaan dari APBD Provinsi Jawa Barat. Dari sisi kemasan dan proses produksi, kami juga sudah tugaskan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan, tetapi itu tidak cukup. Pemprov Jabar punya keterbatasan membantu di bidang pemasaran,” tutur Iwa ketika membuka acara di Bandung, Jumat (12/7/2019).

Dengan pengguna internet di Jabar mencapai 98 persen, Iwa memandang bahwa e-commerce akan sangat mengembangkan UMKM. Pun e-commerce sudah menyumbang 33 persen perkembangan ekonomi dan UMKM.

“Makanya kami akan dorong terus pengetahuan, praktik, dan lain sebagainya, dan apabila ada hal-hal yang perlu difasilitasi Pemprov, itu kita siap membantu fasilitasi,” lanjut Iwa. (MU)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close