Internasional

Komedian Volodymyr Zelensky Dilantik Jadi Presiden Ukraina

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Komedian Volodymyr Zelensky akan dilantik sebagai Presiden Ukraina pada Senin (20/5/2019) waktu setempat.

Zelensky, seorang komedian yang tidak memiliki pengalaman politik, berhasil mengalahkan presiden petahana Petro Poroshenko dalam Pemilu yang digelar pada bulan lalu.

Dilansir dari BBC, Senin (20/5), Zelensky berjanji bakal memberantas korupsi dan mengakhiri perang dengan para pemberontak yang didukung Rusia. Dia sukses meraih lebih dari 70 persen suara.

Kemenangan Zelensky menjadi perhatian tersendiri bagi warga internasional karena dia sebelumnya memerankan karakter Presiden Ukraina dalam sebuah drama berjudul “Servant of the People”. Dalam drama itu, dia menjadi seorang guru yang secara tiba-tiba terpilih sebagai presiden setelah uneg-unegnya tentang korupsi yang disampaikan di media sosial viral.

Namun, selain soal korupsi, kebijakan Zelensky lainnya masih belum disampaikan dengan detail. Adapun tantangan besar lainnya yang harus diselesaikan adalah mengakhiri konflik di timur Ukraina, yang pecah sejak aneksasi Rusia atas Krimea pada 2014.

Dalam kampanyenya, Zelensky mengatakan dirinya ingin memperbarui hubungan antara pemerintah dengan bagian timur Ukraina dan memulai suatu “perang informasi yang kuat untuk mengakhiri konflik”.

Walaupun tidak mempunyai pengalaman politik, tapi dia sempat menjadi seorang pengacara. Akun Instagram-nya diikuti oleh 4,2 juta akun.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close