Politik

Koalisi Gerindra dan Demokrat, PDIP Serahkan ke Jokowi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Rencana bergabungnya Partai Gerindra dan Demokrat ke dalam koalisi pemerintahan, diserahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo.

“PDIP menyerahkan kepada keputusan politik presiden selaku pemegang prerogatif kabinet,” kata Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (16/10/2019).

PDIP, lanjut Basarah, juga mengapresiasi langkah Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang menjalin komunikasi dengan partai koalisi Jokowi, seperti NasDem, PKB, dan Golkar. Basarah tak menjawab apakah ini upaya Prabowo agar Gerindra diterima koalisi.

“Saya kira itu tradisi politik yang baik dalam sistem demokrasi kita, saling silaturahmi, saling berkunjung, saling berkomunikasi,” ujarnya.

Wakil Ketua MPR itu juga tak mengetahui apakah langkah Prabowo bertemu pimpinan partai koalisi karena diminta oleh Jokowi atau inisiatif pribadi. Namun, bagi Basarah, tradisi saling bertemu dan berkomunikasi antarpimpinan partai mesti dirawat sekalipun tak dalam momen ini.

“Sehingga kalau ada hal-hal yang kurang dimengerti, salah paham, dengan pertemuan itu kalau bahasa Islamnya tabayyun, klarifikasi, hal-hal yang berbeda pendapat, selisih paham itu bisa dimusyawarahkan,” tuturnya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close