KKB Papua Serang TGPF Intan Jaya: Dosen UGM dan Anggota TNI Tertembak

KKB Papua Serang TGPF Intan Jaya: Dosen UGM dan Anggota TNI Tertembak
TGPF Intan Jaya (foto detikcom)

 JAKARTA, SENAYANPOST.com - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) menyerang Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) penembakan di Intan Jaya, Papua saat menjalankan tugasnya. 

Penembakan terjadi setelah tim melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) terkait rentetan penembakan yang terjadi di Intan Jaya.

"Penghadangan oleh KKB setelah melaksanakan olah TKP di Hitadipa menuju Sugapa," kata Kapen Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa, kepada wartawan, Jumat (9/10/2020).

Diketahui korban adalah Satgas Apter Hitadipa, Sertu Faisal Akbar. Dia mengalami luka tembak di pinggang dan dalam kondisi sadar.

Satu korban lain ialah dosen UGM yang masuk ke dalam TGPF, Bambang Purwoko. Bambang mengalami luka tembak di pergelangan kaki kiri dan pergelangan tangan kiri. Saat ini dia dalam kondisi sadar.

Hari ini, TGPF bergerak menuju Sugapa, Intan Jaya. Rombongan bertolak dari Bandara Mozes Kilangin Timika menuju Bandara Sugapa dengan menggunakan dua pesawat carter pada pukul 07.05 WIT. Tim mendarat di Bandara Sugapa Intan Jaya, pukul 08.32 WIT.

Ketua TGPF, Benny Mamoto, mengatakan tim sudah berada di Timika sejak Rabu karena transit dan hari ini bergerak ke Sugapa guna mencari fakta-fakta penembakan yang menewaskan 2 anggota TNI, 1 warga sipil dan 1 pendeta.

"Kami hari ini bergerak menuju Sugapa untuk mulai mengambil keterangan-keterangan kasus penembakan di Intan Jaya," kata Ketua TGPF Benny Mamoto saat ditemui di Hotel Horison, Timika, Papua, Kamis (8/10). (ws)