Internasional

Kim Jong-un Tegaskan Tekad Denuklirisasi Korut Tak Berubah

PYONGYANG, SENAYANPOST.com – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menegaskan, tekadnya untuk program denuklirisasi tak berubah dan konsisten. Komitmen Kim Jong-un yang disampaikan dalam sebuah pernyataan itu muncul setelah dia melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Pyongyang pada hari Kamis.

“Kehendak Korut untuk denuklirisasi adalah tak berubah dan konsisten,” bunyi pernyataan Kim yang dilansir KCNA, Jumat (1/6/2018).

Pemimpin muda itu juga berharap bisa mengembangkan hubungan baik dengan Amerika Serikat yang diatur tahap demi tahap.

Dalam pertemuan dengan diplomat Rusia, Kim Jong-un mengeluhkan hegemoni AS. Kim mengatakan kepada Lavrov bahwa dia berharap untuk meningkatkan kerja sama dengan Rusia.

“Ketika kita bergerak untuk menyesuaikan diri dengan situasi politik dalam menghadapi hegemoni AS, saya bersedia untuk bertukar pendapat rinci dengan kepemimpinan Anda dan berharap untuk melakukannya untuk bergerak maju,” kata Kim.

Kunjungan Lavrov ke Pyongyang mengindikasikan bahwa Rusia ingin terlibat dan memastikan Korea Utara memberitahukannya tentang niatnya dalam denuklirisasi. Lavrov menyatakan dukungan Moskow untuk kesepakatan yang dicapai Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada bulan lalu.

“Kami menyambut baik kontak yang telah berkembang dalam beberapa bulan terakhir antara Korea Utara dan Korea Selatan, antara Korea Utara dan Amerika Serikat,” kata Lavrov.

“Kami menyambut pertemuan puncak yang sudah berlangsung antara Pyongyang dan Seoul serta pertemuan yang direncanakan antara pemimpin Korea Utara dan AS.” (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close