Internasional

Kim Jong-un Boyong Toilet Sendiri dalam Pertemuan dengan Presiden Korsel

SEOUL, SENAYANPOST.com – Sejarah diukir pagi ini antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel). Sebab, untuk kali pertama sejak gencatan senjata Korea pada tahun 1953, seorang Pemimpin Korut menyeberang ke wilayah Korsel. Hari bersejarah itu terjadi ketika Kim Jong-un bertemu dengan Presiden Korsel, Moon Jae-in, di desa perbatasan Panmunjom.

Bukan hanya pertemuan fisik kedua pemimpin Korea yang bersejarah, keduanya juga bakal terlibat dalam percakapan. Bahkan, para pemimpin kedua Korea hanya mengadakan pembicaraan dua kali lagi sejak Perang Korea.

Yang terbaru dari pembicaraan itu terjadi lebih dari satu dekade yang lalu pada tahun 2007, ketika ayah Kim Jong-un, Kim Jong-il, berkuasa.

KTT bersejarah akan fokus pada janji Kim Jong-un baru-baru ini untuk menangguhkan uji coba nuklir dan rudal jarak jauh, serta rencana Korut untuk menutup tempat uji coba nuklirnya.

Pemerintahan Trump juga akan mengawasi acara KTT itu karena akan mempersiapkan pertemuan antara Kim Jong-un dan Presiden Trump yang diharapkan terjadi pada bulan Mei atau Juni.

Meskipun Jong-un telah setuju untuk duduk satu meja, namun, ia dilaporkan menolak untuk duduk di salah satu toilet umum di puncak. Dan sesuai dengan pernyataan Lee Yun-keol, yang bekerja di unit Komando Garda Korut sebelum membelot ke Korsel pada tahun 2005, itu hal yang normal.

“Daripada menggunakan toilet umum, pemimpin Korea Utara memiliki toilet pribadi yang mengikutinya saat dia bepergian,” kata Lee Yun-keol kepada Washington Post.

Alasannya? Mereka melindungi terhadap info literal yang didapat dari kotoran.

“Kotoran pemimpin mengandung informasi tentang status kesehatannya sehingga mereka tidak dapat ditinggalkan,” jelas Lee Yun-keol seperti dikutip dari CBS News, Jumat (27/4/2018).

Pertimbangan serupa dilaporkan dilakukan setiap kali pemimpin Korut melakukan inspeksi di lapangan pangkalan militer dan pabrik yang dijalankan negara di seluruh negeri.

Bahkan, menurut kantor berita Korea Selatan, DailyNK, ada kamar mandi khusus yang dibangun ke dalam iring-iringan kendaraan Kim Jong-un.

“Toilet tidak hanya di kereta pribadi Kim Jong-un tapi mobil kecil atau menengah apa pun yang dia tumpangi dan bahkan di kendaraan khusus yang dirancang untuk medan pegunungan atau salju,” kata sumber di Provinsi Pyongan Selatan yang akrab dengan Komando Pengawal Kim Jong-un kepada DailyNK tahun 2015.

“Ada banyak kendaraan di dalam konvoi sehingga orang tidak tahu di mana ia berada, dan ada mobil terpisah yang berfungsi sebagai kamar mandinya,” imbuhnya.

Jadi, setidaknya dalam hal ini, tampaknya pertemuan bersejarah ini tidak berbeda dengan kunjungan Kim Jong-un yang lain. Ia hanya selalu menggunakan toilet pribadi yang dijaga sangat ketat di fasilitas “toilet” umum. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close