Internasional

Kim Janji ke Trump Tak Akan Uji Nuklir Lagi

HANOI, SENAYANPOST.com – Pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bukannya tidak menghasilkan apa-apa. Menurut Trump, dalam pertemuan itu juga menghasilkan, yakni janji Kim untuk tidak melakukan uji nuklir atau rudal lagi.

“Dia mengatakan tidak akan melakukan uji roket atau rudal atau apapun yang berkaitan dengan nuklir lagi. Saya percaya itu,” kata Trump dalam konferensi pers yang disiarkan langsung usai pertemuan dengan Kim Jong-un di Hanoi, Vietnam, Kamis (28/2).

Uji nuklir dan rudal Korut memicu kekhawatiran negara-negara tetangga seperti Korea Selatan dan Jepang. Uji senjata nuklir Korut dilakukan pada September 2017, memicu gempa 6,3 Magnitudo yang dirasakan negara tetangga.

Ketika itu, Pyongyang mengklaim berhasil menguji bom hidrogen yang jauh lebih dahsyat dari bom atom yang pernah dijatuhkan AS di Hiroshima dan Nagasaki pada Perang Dunia II. Celakanya lagi, bom itu bisa dipasangkan di rudal balistik yang jarak tempuhnya bisa mencapai wilayah AS di Pasifik.

Namun 2018 menjadi saat-saat tenang karena Korut tidak melakukan uji nuklir. Dalam pertemuan pertama dengan Donald Trump di Singapura Juni tahun lalu, Korut sepakat denuklirisasi dan memulai proses perdamaian. Namun AS tidak puas dengan denuklirisasi Korut.

Pertemuan kedua Trump dengan Kim di Hanoi pekan ini berakhir tanpa kesepakatan. Trump mengatakan, AS menolak mentah-mentah permintaan Kim untuk mencabut seluruh sanksi terhadap Korea Utara. Penolakan ini membuat AS berpaling dari meja perundingan.

“Mereka ingin sanksi dicabut seluruhnya. Kami tidak bisa melakukan itu. Mereka ingin porsi yang besar, tapi kami tidak bisa menghapuskan sanksi seluruhnya,” kata Trump. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close