Politik

Kiai Ma’ruf: Urang Sunda Kudu Milih Urang Sunda

CIANJUR, SENAYANPOST.com – Cawapres nomor urut 01 Ma’ruf Amin mengunjungi sejumlah titik di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Ma’ruf yang berdarah Sunda pun mengimbau warga Jawa Barat untuk memilih sesama orang Sunda dalam Pilpres 2019.

“Saya urang sunda. Kalau urang sunda kudu milih urang sunda. Saya mempresentasikan orang Sunda,” ukata Ma’ruf di Pesantren Miftahul Huda Al Musri, Kertajaya, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (14/2/2019) dikutip dari detikcom.

Ma’ruf bercerita orang sunda yang pernah menjadi wakil presiden yakni Umar Wirahadikusumah, wapres ke-4 yang mendampingi Soeharto pada periode 1983-1988. Menurut Ma’ruf, selepas Umar tak ada lagi orang Sunda yang menjadi cawapres.

“Sudah lama orang Sunda tidak menjadi cawapres. Sejak Pak Umar Wirahadikusumah. Dulu orang Sunda jendral, sekarang Sunda kiai,” ujar Ma’ruf.

Menurut Ma’ruf, jika orang Sunda tidak memilih perwakilan orang Sunda, maka ia menganggapnya ‘keterlaluan’.

“Urang Sunda nggak milih urang Sunda jadinya Sunda kabina-bina (keterlaluan). Bilang aja ente Sunda kabina-bina sia mah,” ujar Ma’ruf.

Baca juga: Relawan Ulama Muda Targetkan 1 Juta Suara di Bandung dan Sumedang

Ma’ruf juga bercerita soal banyaknya komentar yang memandang sebelah mata dirinya sebagai Cawapres. Maruf kemudian menjelaskan rekam jejaknya yang pernah menjabat di berbagai posisi di pemerintahan.

“Saya bilang saya pernah jadi anggota DPRD, DPR, Wantimpres, tapi yang penting saya itu merepresentasikan santri. Saya ingin santri punya semangat masa depan. Santri itu bisa jadi kiai, bisa jadi bupati, banyak santri jadi bupati sekarang,” ujar Ma’ruf.

“Santri bisa jadi wakil presiden, bisa jadi presiden. Buktinya Gusdur. Saya harapkan lagi nanti ada santri jadi presiden. Dan santri itu siapa tahu dari pesantren Al-Musri,” ujar Ma’ruf.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close