Tokoh

Ki Gendeng Pamungkas Meninggal Dunia

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Paranormal Ki Gendeng Pamungkas  meninggal dunia, Sabtu (6/6/2020) sekira pukul 15:15 WIB.

“Saya diberi informasi beliau meninggal dunia oleh anaknya sekitar pukul 15.00 WIB,” ujar Adang Yani, keluarga sekaligus besan Ki Gendeng Pamungkas.

Menurut dia, pria yang bernama asli Iman Santoso ini meninggal di Rumah Sakit Mulia, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, akibat komplikasi penyakit diabetes dan jantung. Ia mengembus napas terakhir saat menjalani perawatan di ruang Intensive Care Unit (ICU) selama tiga hari.

“Setahu saya memang sudah lama sakitnya. Tapi baru dibawa dan dirawat di ICU ini baru tiga hari lalu,” kata Adang.

Jenazah Ki Gendeng Pamungkas langsung dibawa oleh pihak keluarga ke kediamannya di Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat sekitar pukul 16.30 WIB. Rencananya, almarhum akan dimakamkan Minggu (7/6/2020) pagi.

Nama Ki Gendeng Pamungkas cukup familier bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang menyukai dunia supranatural. Pria yang kerap mengenakan pakaian serba hitam ini dikenal sebagai seorang paranormal kontroversial karena sering melontarkan pernyataan-pernyataan yang mengundang polemik.

Misalnya, pada tahun 2006 ia pernah membuat pernyataan yang bagi sebagian orang tidak rasional, yaitu menyantet Presiden Amerika Serikat kala itu, George W Bush yang melakukan kunjungan ke Indonesia. Saat itu, kedatangan Bush ditolak oleh sejumlah kalangan, termasuk Ki Gendeng.

Menjelang kedatangan Goerge W. Bush ke Indonesia, paranormal Ki Gendeng Pamungkas mengancam akan menyantet Bush.

Saat itu, Ki Gendeng mengadakan ritual voodoo untuk menyantet George Bush, yaitu dengan perantara darah ular hitam, burung gagak, dan campuran darah Ki Gendeng Pamungkas sendiri.

Selain itu, Ki Gendeng juga mengaku akan melakukan beberapa penyerangan yaitu dengan meminta petir dan hujan, lalu membuat Bush tidak mendarat di Kebun Raya Bogor. Atas ancaman santet tersebut, Ki Gendeng Pamungkas didatangi orang- orang George Bush yang memintanya untuk membatalkan penyantetannya tersebut.

Tak hanya dikenal sebagai paranormal yang kontroversial, Ki Gendeng juga dikenal dalam kiprahnya di jalur politik. Pada tahun 2008, ia juga pernah maju sebagai calon Wali Kota Bogor periode 2008-2013 berpasangan dengan Ahmad Chusairi.

Saat itu, Ki Gendeng Pamungkas maju Pilkada Kota Bogor melalui jalur perseorangan atau independen. Namun, ia gagal menjadi wali kota karena hanya mendapatkan suara sekitar 6,73 persen.

Ki Gendeng Pamungkas sempat menjadi tahanan polisi setelah ditangkap pada Selasa malam (9/5/2017) atas tuduhan melakukan diskriminatif ras dan etnis atau rasis. (MU)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close