Ekonomi

Khusus Bus Lolos Ramp Chek yang Boleh Layani Angkutan Lebaran

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan seluruh bus yang akan digunakan untuk angkutan lebaran, harus sudah lolos ramp check. Jika belum mengikuti ramp check, katanya, pemerintah akan tegas melarang  bus tersebut beroperasi.

“Saya minta kepada Organda maupun pengusaha, angkutan penumpang harus menjalani ramp check. Jika tidak, pada masa angkutan lebaran tidak boleh operasi,” katanya di sela-sela peninjauan kesiapan angkutan lebaran di Stasiun Besar Yogyakarta (Stasiun Tugu), Sabtu (19/5/2018).

BKS lebih lanjutmengatakan masyarakat yang akan menggunakan jasa angkutan umum  juga diminta ikut mendukung.

“Pilih bus yang telah melakukan ramp check,” katanya.

Pada kesempatan itu ia memperkirakan, pemudik lebaran 2018 ini akan mencapai kisaran 30 juta orang.

Mereka, ujar BKS, kebanyakan akan menggunakan pesawat udara, yakni sekitar 8 juta orang, disusul melalui darat yang kisarannya 7-8 juta orang, melalui laut sekitar 1,5 juta dan yang menggunakan kereta api sekitar 6 juta.

Pada kesempatan itu, Menhub meminta agar pemudik tidak lagi menggunakan sepeda motor untuk melakukan perjalana jauh mudik.

Menurut dia, selama ini penggunaan sepeda motor untuk mudik berisiko tinggi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Sekitar 70 persen kecelakaan lalu lintas melibatkan sepeda motor,” katanya.

Ia berharap pemudik yang menggunakan sepeda motor dapat mengganti moda transportasi termasuk memanfaatkan mudik gratis. (WW)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close