Gaya HidupHealth & Fitness

Khasiat Makan Daun Mangga

SELAIN memiliki rasa yang enak, buah pasti memiliki banyak manfaat kesehatan. Tapi, sayangnya masih sedikit orang yang mengetahui bila daun dari buah juga memberikan khasiat bagi kesehatan.
Salah satunya adalah daun mangga yang bisa dibilang kalah populer dibanding buahnya sendiri. Namun, Anda akan terkejut jika khasiat daun mangga melebihi rasa manis buahnya. Berikut khasiat makan daun mangga yang dikutip dari Thehealthsite, Selasa (3/5/2016).
Mengontrol diabetes
Mengobati diabetes dengan daun lembut mangga merupakan obat rumahan yang efektif. Sifat anti-diabetes dari daun mangga membantu untuk mengontrol kadar gula darah.
Membantu mengobati asma
Daun mangga juga dipercaya dapat membantu mengobati asma dan penyakit pernapasan lain. Karena itu, daun mangga banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk tujuan yang sama.
Mencegah infeksi
Daun mangga memiliki sifat anti-bakteri. Karena itu, mengonsumsi daun mangga dapat membantu memerangi gangguan pencernaan, dan bahkan tumor.
Mencegah infeksi virus
Ketika difermentasi, daun mangga menjadi kaya antioksidan yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Misalnya, daun mangga yang telah difermentasikan dapat mencegah infeksi virus herpes dan membantu penyembuhan lebih cepat.
Mengurangi infeksi tenggorokan dan cegukan
Cegukan tentu bisa menjadi kondisi yang sangat tidak nyaman. Anda bisa mengatasi cegukan dengan mengonsumsi daun mangga. Selain itu, daun mangga juga dapat meringankan infeksi tenggorokan.
Cara memanfaatkannya:
Pilih daun mangga lembut dan didihkan dalam panci air, saring dan minum ramuan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mengeringkan daun mangga di bawah sinar matahari dari menggilingnya hingga menjadi bubuk. Tambahkan satu sendok bubuk daun mangga ke segelas air, aduk lalu minum. Bahkan, Anda bisa mengunyah mentah-mentah daun mangga, namun jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu.

(hel)

KOMENTAR
Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close