Ekonomi

Kewirausahaan Berdasarkan Kemanusiaan Relevan bagi UMKM

JAKARTA, SENAYANPOST.com – President International Council for Small Business Indonesia (ICSB) Hermawan Kartajaya, mengungkapkan, pelaku UMKM dan kewirausahaan Indonesia kini semakin akrab dengan media sosial sebagai sarana promosi dan pemasaran.

“Namun akan banyak dampak negatifnya jika penggunaan teknologi informasi sebagai sarana bisnis, tidak diimbangi dengan rambu-rambu,” kata Hermawan Kartajaya, pada peringatan hari UMKM Internasional, di Jakarta, Rabu (27/5/2018).

Karena itu, lanjutnya, di tengah situasi dunia yang makin padat teknologi khususnya di media sosial, konsep kewirausahaan berdasarkan kemanusiaan atau humane entrepreneurship sangat relevan dengan situasi dunia saat ini.

“Apalagi dengan kondisi Indonesia yang memang punya sila kedua Pancasila, yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab,” kata Hermawan Kartajaya yang juga President Asia Council for Small Business (ACSB) itu.

Jadi, lanjutnya, unsur kemanusiaan masih harus tetap dikedepankan meski pun medsos tidak bisa ditinggalkan. “Kontrol dan kemanusiaan harus tetap ada,” katanya.

Hadir dalam acara itu Sekretaris Kemenkop dan UKM Meliadi Sembiring, Duta Koperasi Dwi Motik Pramono, pemerhati UMKM maupun pelaku UMKM.

Peringatan hari UMKM Internasional itu juga dilakukan di sejumlah daerah yang pada 27 Juni 2018 tidak menggelar Pilkada seperti Banda Aceh, Manado, Jogyakarta, Makassar dan Pontianak. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close