Nasional

Ketum PBNU: Pancasila Tak Ganggu Agama

PEKANBARU, SENAYANPOST.com – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj menyatakan, Pancasila tidak mengganggu dan menggeser agama. Penegasan itu disampaikan lantaran sampai hari ini, masih ada kelompok yang menentang Pancasila karena dianggap berseberangan dengan agama.

Dikutip dari NU Online, Said menjelaskan, shalat yang dilakukan oleh seluruh Muslim di Indonesia, tidak terganggu dengan kehadiran Pancasila. Begitu pun puasa. Umrah tiap bulan ataupun haji setiap tahun juga, tidak masalah dengan adanya Pancasila

“Pancasila tidak mengganggu agama,” kata Said saat menjadi pembicara tunggal pada Halaqah Kebangsaan Ulama Nahdlatul Ulama se-Indonesia di Pekanbaru, Riau, Rabu (9/5).

Pada kegiatan yang dihadiri oleh 27 PWNU se-Indonesia itu, Said juga mengingatkan bahwa sejak tahun 1936, NU sudah menyatakan bahwa Indonesia bukanlah ‘Darul Islam’, melainkan ‘Darussalam’.

Bangsa Indonesia, kata kiai asal Cirebon itu, sejak dulu bersepakat untuk hidup bersama dalam keragaman.

“Maka sudah tepat kiai-kiai NU pada tahun ’84 menerima asas tunggal Pancasila,” katanya.

Selepas halaqah, akan digelar istighatsah kubro di halaman Masjid Agung An-Nur. Kegiatan ini akan dipimpin oleh Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, KH Anwar Manshur.

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close