Politik

Ketum Muhammadiyah: Pernyataan Amien Rais Ada di Ranah Politik

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir mengemukakan, pernyataan Amien Rais terkait dikhotimi partai Allah dan partai setan, sepenuhnya ada di ranah politik.

Karena itu, jelasnya tidak perlu kemudian dibawa ke ranah hukum. “Ini membebani aparat,” katanya usai menerima Pantarlih di kediamannya di Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (17/4/2018).

Menurut dia apa yang disampaikan itu adalah bahasa retorika. Namun diakui ada pula masyarakat yang kemudian memaknai berbeda.

“Salah satunya pemaknaan kata setan yang oleh masyarakat dimaknai setan beneran atau sesuatu yang berhubungan dengan ketidakbenaran,” katanya.

Haedar menjelaskan permasalahan utama dalam kasus ini adalah soal pemaknaan yang berbeda saja. Sehingga dia meminta masyarakat untuk bisa membedakan mana bahasa verbal dan bahasa simbol.

Sebagai solusi permasalahan ini, Haedar meminta masyarakat untuk berpikir dewasa agar dinamika politik yang demokratis berlangsung sehat dan mematuhi koridor hukum dalam berkompetisi politik.

Menurut dia, seharusnya memperkarakan seseorang itu berdasarkan ranah hukum yang berlaku bukan atas sengketa politik yang ada.

“Kasus Amien sepenuhnya berada di dalam ranah politik,” tegasnya lagi. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close