Nasional

Ketua Umum PBNU: Tirulah Jiwa Soekarno

BLITAR, SENAYANPOST.com – Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj meminta seluruh elemen masyarakat mengikuti jiwa Presiden pertama RI, Ir Soekarno.

Soekarno, menurut Said Aqil Siradj, mencintai Indonesia dengan pikiran dan tindakan yang konsisten dan sepenuh hati.

Hal ini ditegaskan Kiai Said usai mengikuti tahlil dan ziarah di Makam Bung Karno dalam rangkaian Haul Bung Karno ke-48, Rabu (20/6/2018).

Kiai Said menyebut, mengikuti rangkaian di Haul Bung Karno bagi dirinya adalah bagian dari ibadah dan rasa cinta kepada Tanah Air Indonesia.

“Jadi, momen yang bisa dipetik di Haul Bung Karno ini sangat banyak. Di era media sosial yang dipenuhi dengan kebencian, permusuhan dan adu domba, pemikiran dan tindakan Bung Karno sangat kita butuhkan. Yaitu pemikiran yang tulus mencintai Indonesia, tindakan yang membela keutuhan bangsa apapun risikonya,” kata Kiai Said.

Kiai Said mengingatkan potensi perpecahan Indonesia seperti halnya negara-negara di Timur Tengah. Indonesia beruntung memiliki Bung Karno yang mampu menjahit nilai-nilai nasionalisme dan religiusitas.

“Pada diri Bung Karno kita bisa menemukan bahwa antara rasa kebangsaan dan ketaatan pada agama tidaklah bertentangan. Tugas kita tinggal meneruskan, membangun, mengisi kemerdekaan ini,” katanya. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close