Politik

Ketua MPR Minta Khotib Kedepankan Persatuan Umat

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengmbau para Khatib Indonesia untuk mengedepankan persatuan dan kesatuan.bangsa dalam menyampaikan khotbahnya.

“Kementerian Agama (Kemenag) RI juga harys mengimbau kepada para khatib agar mengedepankan persatuan dan kesatuan umat saat berkhutbah,” tegas Bamsoet di Jakarta, Senin (16/2/2020).

Yaitu dengan menyampaikan dakwah yang dapat membangun narasi kerukunan antar umat beragama, mengingat materi yang disampaikan khatib berpengaruh besar terhadap pandangan, sikap, dan tindakan masyarakat.

Karena itu, Bamsoet menyarankan agar setiap khatib harus mempunyai kompetensi dan pemahaman agama yang benar, serta mempunyai komitmen kebangsaan sehingga materi dakwah masih dalam bingkai kenegaraan dan kebangsaan.

Selain itu lanjut Bamsoet, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerja sama dan memanfaatkan para khatib dalam menangkal radikalisme dengan menyampaikan pesan-pesan kontradikalisme yang disampaikan ke masyarakat melalui khutbah para khatib, mengingat pesan dari khatib lebih berpengaruh dan didengar oleh masyarakat.

Bamsoet juga mendorong Kemenag RI untuk dapat memberikan pembinaan bagi para khatib agar mempunyai paham keumatan dan komitmen kebangsaan yang tinggi, sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas khatib-khatib di Indonesia;

“Dan, agar khatib tidak menyebarkan sikap intoleran yang berpotensi melahirkan sikap radikal di antara para jamaah,”pungkasnya.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close