Lintas Daerah

Ketua DPRD Jabar: Meningkatnya Pemilih Perempuan Karena Kepedulian Berdemokrasi

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Meningkatnya partisipasi pemilih perempuan di Pilkada Serentak 2018 Jawa Barat harus terus dijaga dan ditingkatkan.

“Peningkatan partisipasi pemilih yang baik di Jawa Barat tapi harus terus ditingkatkan karena di tahun depan kita akan menyambut event politik selanjutnya yang juga penting” ujar Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari, di Bandung, Kamis (5/7/2018).

Berdasarkan data KPU Jawa Barat menyatakan jumlah partisipasi pemilih perempuan yang menggunakan hak pilih saat Pilkada Serentak 2018 meningkat yakni sebanyak 10.848.556 perempuan menggunakan hak pilihnya, sementara itu pengguna hak pilih laki-laki mencapai 9.780.168 orang.

“Meningkatnya partisipasi pemilih perempuan selain dipengaruhi oleh besarnya jumlah penduduk, juga dipengaruhi oleh kepedulian berdemokrasi di kalangan perempuan,” kata Ineu.

Lebih lanjut Ineu mengapresiasi peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pilkada Serentak tahun ini karena dari partisipasi sekitar 63 persen di tahun lalu untuk tahun ini meningkat sekitar 70 persen lebih.

“Partisipasi masyarakat khususnya di Jawa Barat dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia,” lanjut Ineu.(JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close