Politik

Ketua DPR Minta Elit Politik Hentikan Saling Ejek Capres-Cawapres

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Ketua DPR Bambamg Soesatyo meminta pasca pendaftaran pasangan kandidat Capres-Cawapres dan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) untuk Pilpres dan Pileg 2019, semua kekuatan politik diharapkan mau menahan diri untuk saling ejek terhadap capres-cawapres.

“Sebaiknya membantu pemerintah dan masyarakat mewujudkan suasana kondusif. Perang pernyataan, saling ejek dan sindir sepatutnya diakhiri,” kata Bamsoet, Minggu (12/8/2018).

Dua pasangan kandidat capres-cawapres sudah final, sehingga tak perlu lagi diperdebatkan.

“Jadi kini waktunya bagi masing-masing koalisi partai pendukung Capres-Cawapres untuk melakukan konsolidasi,” kata politisi Golkar itu.

Perang pernyataan, saling ejek dan saling sindir yang mewarnai proses pembentukan koalisi partai dan penyaringan capres-cawapres patut diakhiri.

Selain tidak produktif, kata Bamsoet, perang pernyataan itu hanya menimbulkan kebisingan di ruang publik.

Menurut Bamsoet, agenda utama dalam persiapan Pilpres-Pileg 2019 sudah terlaksana. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menutup masa pendaftaran bakal capres-cawapres Pilpres 2019 pada 10 Agustus 2018.

Sangat disayangkan bahwa pasca pendaftaran capres-cawapres, ruang publik masih disesaki dengan pernyataan-pernyataan yang berpotensi mengganggu kenyamanan.

“Berangkat dari kenyataan itu, masyarakat tentu berharap masing-masing kubu kandidat mau menahan diri,” katanya.

Sebab, di politik 2019 kondusifitas sangat bergantung pada perilaku masing-masing kubu capres-cawapres. Daripada saling sindir atau saling ejek, maka sebaiknya masing-masing kubu melakukan konsolidasi mempersiapkan kampanye pilpres.

Misalnya melakukan pemetaan basis suara, membaca kekuatan lawan, membentuk tim pemenangan, menyusun program-program yang akan ditawarkan kepada warga di daerah pemilihan (Dapil) hingga menghitung logistik yang dibutuhkan.

Dengan demikian tensi politik bisa dibuat lebih tenang.

“Sehingga demokrasi 5 tahunan ini dirasakan lebih nyaman dan masyarakat senang,” ujar dia. (MU)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close