Nasional

Ketua DPR: Manfaatkan Big Data untuk Pemenangan Pemilu

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Pemanfaatan big data di dunia maya sebagai salah satu cara pemenangan pilkada, lileg serta pilpres harus menjadi strategi baru pemenangan jaman now.

“Penggunaan teknologi akan menjadikan kampanye politik menjadi lebih rasional, karena berdasarkan fakta, data dan analisis yang valid,” kata Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, dalam keterangan tertulis, Minggu (8/4/2018).

Ia menegaskan, di era digitalisasi dan teknologi yang terus berkembang pesat, kunci pemenangan pesta demokrasi di Indonesia tidak hanya cukup mengandalkan strategi konvensional.

“Serbuan media sosial dan kecanggihan teknologi dipandangnya akan memengaruhi masyarakat dalam menilai partai politik, politisi, kandidat kepala daerah ataupun kandidat presiden,” katanya.

Politisi Partai Golkar ini menuturkan pemanfaatan teknologi juga memengaruhi politisi dalam mempelajari tentang karakter pemilih atau masyarakat.?

“Di jaman old, para politisi biasanya menganalisis potensi perolehan suara berdasarkan distrik. Misalnya, dengan membagi dapil berdasarkan mayoritas-minoritas,” katanya.

Setelah adanya big data, lanjutnya, para politisi bisa memanfaatkannya untuk memetakan demografi, sejarah kontribusi pemilih dalam politik, pandangan politik pemilih hingga urusan remeh seperti konsumsi media, aktivitas di media sosial hingga status kepemilikan rumah atau kendaraan. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close