Lintas Daerah

Kerugian Banjir di Bantul Capai Rp106 Miliar

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Kerugian materiil dan kerusakan infrastruktur yang dialami masyarakat akibat banjir di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencapai Rp106 miliar.

Kepala BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto, Jumat (29/3/2019) mengatakan kerusakan infrastruktur karena banjir dan tanah longsor pada Minggu (17/3) itu terjadi di beberapa jembatan, akses jalan dan tanggul sungai, sementara kerugian yang dialami masyarakat berupa kehilangan harta benda dan kerusakan rumah.

Taksiran kerugian yang dihimpun BPBD dan Dinas PUPKP Bantul, jelasnya belum termasuk infrastruktur yang menjadi kewenangan pemerintah pusat maupun Pemda DIY, sebab penanganannya ada yang langsung dari pusat maupun provinsi.

“Itu belum (kerusakan) talud di Sungai Opak-Oya, karena menjadi urusan Balai Besar Wilayah Sungai Opak (BBWSO), jadi ada tiga kewenangan, yang ditangani kabupaten, provinsi dan pusat. Dan yang Rp106 miliar itu yang ditangani Bantul,” katanya.

Ia mengatakan kepada korban akan diberikan bantuan stimulan pemerintah untuk pemulihan, nilainya tergantung tingkat kerusakannya dan bentuknya bukan uang tapi bahan bangunan, kita tidak akan pernah memberi uang, tapi berupa barang agar bisa dimanfaatkan. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close