Ekonomi

Kereta Bandara Adi Soemarmo Diharapkan Dongkrak 30 Penumpang

SOLO, SENAYANPOST.com – Pengadaan kereta bandara untuk jalur Solo – Kutoarjo diharapkan dapat meningkatkan penggunaan moda transportasi udara.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, saat ini Bandara Adi Soemarmo telah mengalami peningkatan jumlah penumpang hingga 30 persen.

Sehingga, dengan adanya kereta bandara dapat mendorong peningkatan jumlah penumpang di Bandara Adi Soemarmo.

“Tahun depan bisa naik 30 persen lagi. AP I sudah berencana membangun Adi Soemarmo menjadi bandara dengan kapasitas yg lebih besar menjadi 3 juta penumpang,” kata Menhub Budi Karya, saat menaiki Kereta Prambanan Ekspres (Prameks) dari Stasiun Solo Balapan menuju Maguwo Yogyakarta, Minggu (6/5/2018).

Dia juga meminta PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) bekerja sama dengan Angkasa Pura agar kereta bandara dapat terkoneksi sehingga masyarakat dari daerah dapat memiliki akses yang lebih mudah menuju bandara.

Terlebih lagi dengan pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang ditargetkan rampung April 2019 mendatang akan turut menyumbang bertambahnya jumlah penumpang pesawat dari daerah.

“Masyarakat dari Madiun dan Klaten bisa mengakses kereta ke bandara karena Kulonprogo (Bandara NYIA) itu kan akan selesai,” lanjutnya.

Terkait proses pembebasan lahan untuk jalur kereta bandara Menhub mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Angkatan Udara dan Wali Kota Solo untuk segera memproses dan menyelesaikan dengan baik. (JS)

KOMENTAR
Tags
Lihat selanjutnya
Close