Lintas Daerah

Keraton Yogyakarta Gelar Garebeg Sawal

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Bertepatan dengan 1 Sawal Tahun Dal 1951 Jawa, Keraton Yogyakarta, Jumat (15/6/2018) menggelar upacara tradisi Garebeg Sawal.

Sebanyak tujuh Gunungang dikeluarkan dari Keraton Yogyakarta, yang berawal dari Bangsal Sri Manganti – Keben – Siti Hinggil – Pagelaran – Alun Alun Utara kemudian lima gunungan sesampainya di sebelah selatan Ringin Kurung (dua pohon beringin di tengah Alun Alun Utara) berbelok ke kiri/ barat menuju Masjid Gede.

Sedangkan dua gunungan lainnya, lurus ke utara. Satu gunungan menuju Kepatihan Danurejan dan satunya lagi menuju Puro Pakualaman. Khusus untuk gunungan yang dibawa ke Kepatihan dan Puro Pakualaman, masing-masing mendapat pengawalan dua ekor gajah.

Pangageng Kawedanan Pangulon, KRT H Ahmad Muhsin Kamaludinningrat menjelaskan, sebelum diperebutkan, gunungan tersebut didoakan.  “Doa ini khusus untuk  Sultan yang hari ini bersedekah untuk rakyatnya.

“Saya doakan Ngarsa Dalem agar sodakoh dan puasanya diterima, saya juga doakan agar beliau sehat dan panjang umur,” ungkapnya saat ditemui di kediamannya.

Ketujuh gunungan yang dibuat yakni tiga Kakung, satu Gunungan Estri, satu Gunungan Darat, satu Gunungan Gepak dan satu Gunungan Pawuhan. Lima gunungan dibawa ke Masjid Gede Kauman sementara dua lainnya yakni Gunungan Kakung akan dihantarkan ke Puro Pakualaman dan Kepatihan.

Sedangkan prajurit Keraton Yogyakarta yang mengawal gunungan itu adalah Daeng, Wirobrojo, Ketanggung, Jogokaryo, Nyutro, Bugis, Patangpuluh, Surokarso dan sebagainya. Selain itu dua kelompok (bregodo) Prajurit Puro Pakualaman, Plangkir dan Dregunder ikut menjemput gunungan yang akan dibawa ke Puro Pakualaman. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close