Lintas Daerah

Keraton Yogya Siapkan Perpustakaan Digital Khusus Naskah Kuno

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Keraton Yogyakarta kini tengah mempersiapkan keberadaan perpustakaan digital yang secara khusus untuk naskah-naskah kuno koleksinya.

Langkah ini dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat luas mengakses naskah-naskah kuno tersebut.
Pengageng Widyabudaya Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, GKR Bendara, Sabtu di Yogyakarta menjelaskan pada saat ini proses digitalisasi sudah dilakukan.

“Saat ini sudah proses untuk mendigitalisasi manuskrip tersebut sehingga kami berharap akademisi Indonesia maupun luar negeri bisa lebih dekat tanpa ‘melukai’ manuskrip itu sendiri,” kata Gusti Kangjeng Ratu Bendara.

Menurut dia Keraton Yogyakarta saat ini menyimpan 600an naskah kuno. Dari jumlah itu 400an judul berisi tentang pemerintahan dan berada Perpustakaan Widya Budaya dan 200an yang berisi tentang kesenian dan tersimpan di Perpustakaan Kridha Mardawa.

Diakui memang tidak semua manuskrip yang bisa diakses oleh masyarakat karena bebagai alasan.

Dikatakan upaya digitalisasi naskah-naskah kuno milik Keraton Yogyakarta, kata Bendara, telah dimulai Sultan HB X sejak Maret 2018 bekerja sama dengan British Library di London.

Salah satu naskah penting yang hilang, kata dia, yakni naskah tentang kepemimpinan Hamengku Buwono (HB) I. Naskah itu akhirnya dapat dilacak dan ditemukan di British Library.

Ia menyebutkan hingga kini, ada 75 manuskrip yang telah dikembalikan British Library ke Keraton dalam bentuk digital.

“Kami berharap ini menjadi titik awal kerja sama mengembalikan manuskrip Keraton yang ada di Belanda, Inggris, dan belahan dunia lainnya,” kata dia. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close