Kepulan Asap Kebakaran Mal Pluit Junction Akibat Kabel Terbakar

Kepulan Asap Kebakaran Mal Pluit Junction Akibat Kabel Terbakar
Kebakaran Mal Pluit Junction

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Pemadam kebakaran Jakarta Utara menduga kepulan asap yang mengepung Mal Pluit Junction di wilayah Penjaringan berasal dari kabel yang terbakar dari dalam gedung tersebut.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, Rahmat Kristantio menerangkan kepulan asap sempat menghalangi proses pemadaman kebakaran mal.

"Kalau asap sangat tebal di gedung, biasanya yang terbakar kabel," ucap Rahmat saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu (17/1/2021).

Namun demikian, Rahmat belum dapat memastikan secara pasti kabel pada bagian gedung mana yang terbakar sehingga mengakibatkan kebakaran meluas di beberapa titik gedung.

Sejauh ini, menurut Rahmat, tim di lapangan sudah berhasil mengendalikan penyebaran api dan sudah akan memulai proses pendinginan. Hanya saja, memang api masih berkobar sehingga perlu untuk dipadamkan.

"Operasi pendinginan. Sudah tidak ada risiko perambatan, masih pemadaman," ucap dia lagi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, titik api diduga berasal dari lantai 7 gedung tersebut. Akan tetapi, belum diketahui pasti penyebab kebakaran itu terjadi.

Petugas pun sempat merasa kesulitan untuk memadamkan api lantaran sumber air yang sulit dijangkau dari lokasi kejadian. "Salah satu kendala sumber air jauh (dari lokasi kejadian)," terang Rahmat lagi.

Terakhir, petugas call center Sudin pemadam kebakaran Jakarta Utara mengatakan bahwa unit mobil pemadam kebakaran masih terus diterjunkan ke lokasi hingga sekitar pukul 19.30 WIB.

"Total ada 16 unit yang dikerahkan sekarang, ada sekitar 80 personel," ucap dia saat dihubungi.