Nasional

Kepala BPKH: Pendaftar Jemaah Haji Baru Turun hingga 50 Persen

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kepala Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak cukup besar bagi pengelolaan keuangan haji.

Ia menyatakan, jumlah pendaftar jemaah haji baru turun hingga 50 persen selama pandemi Covid-19. “Jumlah pendaftar baru bahkan turun sampai 50 persen,” kata Anggito dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR di kompleks parlemen, Senayan.

Menurut Anggito, akibatnya ada potensi penurunan dana kelolaan ibadah haji karena jumlah pendaftar yang menurun.

Selain itu, saat ini beberapa calon jemaah mengajukan pengembalian setoran pelunasan haji setelah ada keputusan pembatalan keberangkatan ibadah haji tahun 2020.

“Memang ada potensi kenaikan dana kelolaan, tapi ada juga potensi penurunan dana kelolaan karena jemaah haji baru yang mendaftar itu kurang lebih 50 persen dari kondisi normal karena Covid-19, juga ada indikasi peningkatan pembatalan haji karena kebutuhan pasca Covid-19,” tutur dia.

Ia pun menjelaskan, saat ini total setoran pelunasan haji yang ada di kas BPKH, yaitu sebesar Rp 2,3 triliun.

Anggito menegaskan, uang setoran itu siap dikembalikan ke calon jemaah jika mereka mengajukan pengembalian. Jika tidak, uang setoran pelunasan ibadah haji akan dikelola BPKH.

“Sekitar Rp 2,3 triliun memang ada di pengelolaan BPKH dan diberikan kesempatan bagi jemaah haji apakah tetap menyimpan uang di BPKH atau menarik dana setoran lunas tersebut. Pilihan ada di jemaah haji,” ujar Anggito.

“Yang mengendap mendapatkan nilai manfaat sesuai waktu pengendapan. Yang ditarik akan segera dikembalikan. Itu akan kami laksanakan dalam waktu yang telah dimandatkan dalam peraturan,” kata dia.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close