Lintas Daerah

Kepala BPBD Jabar Dilantik Jadi Pj Bupati Cirebon

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Setelah penunjukan Pelaksana Harian atau Plh Bupati Cirebon, pada hari Senin (19/11/2018), Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, melantik Dicky Saromi sebagai Penjabat (Pj) Bupati Cirebon.

“Keputusan dari Mendagri sudah turun dalam surat keputusannya memerintahkan saya untuk segera melantik Pak Dicky Saromi sebagai penjabat Bupati Cirebon hari ini,” kata Gubernur Emil seusai pelantikan tersebut di Aula Barat Gedung Sate Bandung.

Penetapan Bupati Sunjaya Purwadisastra sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebelumnya membuat Dicky yang merupakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, tersebut dilantik.

Gubernur Emil menitipkan sejumlah pesan khusus, seperti larangan memutasi atau merotasi pejabat dan membahas APBD Kabupaten Cirebon 2019 di akhir tahun ini.

Lalu, Gubernur Emil juga berpesan agar Dicky Saromi tidak melakukan hal-hal negatif (melakukan tindak pidana korupsi).

“Saya titip jadi jangan melakukan hal negarif seperti yang sebelumnya (Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra yang terkena OTT oleh KPK). Saya berdoa tidak terjadi hal-hal seperti itu di Jabar,” kata dia.

Pihaknya juga memastikan jabatan Dicky Saromi sebagai Kepala BPBD Jawa Barat tidak akan menganggu jabatannya sebagai Pj Bupati Cirebon.

“Kita bekerja bukan atas individu tapi kita bekerja atas kolektif kolegial, jadi sistemnya sudah ada, Pak Kadishub Jabar jadi Pj Wali Kota Cirebon lancar-lancar aja. Jadi dua hal tadi, tidak ada masalah, termasuk soal kebencanaan sudah ada SOP-nya,” kata dia.

“Saya kira ┬álatar belakang dari OPD mana tidak perlu dipertanyakan karena semua yang pernah menjadi penjabat juga sama punya kesibukannya juga, jadi saya kira Pemprov Jabar sudah berpengalaman dalam mengelola manajemen transisi pemerintahan,” kata dia. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close