Internasional

Kena PHK, Karyawan Goodyear Venezuela Diberi Pesangon 10 Ban

CARACAS, SENAYANPOST.com – Pesangon tak biasa diberikan pabrik ban Goodyear Venezuela. Setelah memutuskan untuk menutup pabriknya di Venezuela, Goodyear memberikan pesangon berupa 10 buah ban kepada para karyawannya.

Lalu mengapa para karyawan itu diberi pesangon berupa ban? Ternyata, di saat segala kebutuhan berkurang di Venezuela, ban dengan kualitas terbaik amat mahal di pasar gelap.

Dalam pernyataan resminya pada Senin (10/12), manajemen Goodyear mengatakan, terpaksa mengambol keputusan sulit ini.

“Tujuan kami sebenarnya adalah tetap beroperasi tetapi kondisi ekonomi dan ditambah sanksi AS membuat situasi amat sulit,” demikian manajemen Goodyear.

Perusahaan itu kemudian menambahkan, pihaknya tengah melakukan proses PHK dengan membmeri pesangon 10 buah ban untuk tiap karyawan. Goodyear menjadi perusahaan multinasional terakhir yang menutup operasinya di Venezuela.

Sebelumnya beberapa perusahaan seperti Kellogg, Kimberley Clark dan beberapa maskapai penerbangan juga berhenti beroperasi. Sejak 2014, perekonomian Venezuela dalam kondisi yang amat buruk.

Diperkirakan 2,3 juta warga negeri itu mengungsi demi menghindari hiperinflasi, pemangkasan energi listrik, serta kekurangan pangan dan obat-obatan.

Selama dua tahun terakhir, pemerintahan Presiden Donald Trump menjatuhkan sanksi terhadap puluhan warga Venezuela termasuk para pejabatnya.

Washington menuding para pejabat Venezuela itu melakukan korupsi, menyelundupkan narkoba, serta melakukan pelanggaran HAM. Demikian dilaporkan BBC. (WW)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close