Ekonomi

Kementerian PUPR Berperan Dukung Pembangunan Kebun Raya

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, mengungkapkan, Kementrian PUPR berperan penting dalam mendukung program pembangunan kebun raya di Indonesia.

“Hingga saat ini, sudah ada 37 kebun raya yang telah didukung dan terbangun dengan baik,” kata Basuki Hadimuljono, saat orasi ilmiah pada Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture (SML) XVIII Tahun 2018, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kamis (23/8/2018).

Ia menambahkan, antara lain lima kebun raya yang dikelola LIPI, 30 kebun raya yang dikelola pemerintah daerah, dan dua kebun raya yang dikelola universitas.

Sementara itu berbicara mengatasi ketimpangan antar wilayah, Kementrian PUPR telah menerapkan 35 Wilayah Pengembangan Stategis (WPS) yang dijadikan dasar penyusunan program pembangunan Infrastruktur PUPR terpadu dengan pengembangan wilyah.

Sebagai contoh adalah pembangunan infrastruktur di pulau Papua untuk jangka pendek, investasi jalan baru tidak memberikan manfaat ekonomi yang sama bila investasi itu ditanamkan di Pulau Jawa atau Sumatera.

Namun dalam jangka penjang pembangunan infrstruktur pada WPS di luar Jawa dan Sumetera akan membangkitkan pusat pertumbuhan ekonomi baru dan menurunkan ketimpangan antara wilayah.

“Dalam pembangunan infrastruktur yang ramah lingkungan adalah memanfaatkan material lokal dan mengodopsi kekayaaan budaya setempat ke dalam desain infratruktur,” kata Basuki.

Basuki terpilih memberikan orasi ilmiah dalam SML XVIII karena sosoknya yang aktif dalam pembangunan infrastruktur berbasis lingkungan dengan mengedepankan inovasi dan iptek. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close