Ekonomi

Kementan: Pelaku Usaha Harus Gandeng Peternak Sapi Bangun Persusuan Nasional

BANDUNG, SENAYANPOST.com – Kementerian Pertanian (Kementan) meminta pelaku usaha menggandeng peternak sapi untuk membangun persusuan nasional.

“Saya meminta kepada IPS (Industri Pengolahan Susu) dan importir untuk bermitra dengan peternak sapi perah agar hasil susunya berkualitas,” kata Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, I Ketut Diarmita, di Bandung, Sabtu (25/8/2018).

Dia mengatakan, selama satu minggu ini pihaknya berkeliling dari Jawa Timur ke Jawa Tengah dan selanjutnya ke Jawa Barat untuk membahas nasib persusuan nasional, terutama keberlangsungan usaha peternak sapi perah ke depan.

“Di sini saya ingin mengomunikasikan dengan IPS, importir, koperasi dan peternak bahwa meskipun keberadaan Permentan No 26 Tahun 2017 tentang Penyediaan dan Peredaran Susu Segar Dalam Negeri direvisi, namun bukan berarti kita harus larut di dalamnya,” katanya.

Pihaknya menegaskan bahwa perubahan peraturan tersebut karena adanya kepentingan nasional yang lebih besar dalam perdagangan dunia.

“Perubahan ini adalah wujud nyata dari kewajiban Indonesia sebagai anggota WTO, sehingga kita harus mensinergikan semua peraturan dengan aturan di WTO, terutama terkait dengan ekspor-impor,” katanya.

Menurutnya, adanya Permentan Nomor 33 Tahun 2018 bukan berarti kemitraan hilang, karena dalam peraturan di dunia ini tidak ada yang melarang pelaku usaha dan peternak untuk melakukan kemitraan (partnership). (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close