Pendidikan

Kemenristek Dikti Bentuk Lembaga Khusus untuk Seleksi ke Perguruan Tinggi Negeri

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi membentuk Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT. Lembaga tersebut akan ditugasi melakukan tes masuk PTN seiring dengan berlakunya sistem seleksi yang baru.

Pembentukan LTMPT itu ditandai dengan penerbitan Permenristekdikti No.60/2018. Di dalam peraturan termaktub poin r jalur SM-PTN 2019 meliputi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Mastik Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) serta Seleksi Mandiri.

Untuk jalur SNMPTN dan SBMPTN dilaksanakan oleh LTMPT. Sedangkan Seleksi Mandiri dilakukan oleh masing-masing PTN.

Peluncuran LTMPT secara resmi telah dilakukan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada hari Jum’at, 4 Januari 2019 bertempat di Universitas Diponegoro di tengah-tengah acara Rapat Kerja Nasional Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Sebagai lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru, LTMPT bertujuan :

(l) melaksanakan tes yang kredibel, adil, transparan, neksibel, etisien, dan akuntabel;

(2) membantu perguruan tinggi untuk memperoleh calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan nilai akademik atau nilai akademik dan prestasi Iainnya melalui jalur SNMPTN;

(3) membantu perguruan tinggi memperoleh calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan/atau kriteria tambahan Iain yang ditetapkan bersama oleh PTN melalui jalur SBMPTN.

Tugas LTMPT yaitu: (l) mengelola dan mengolah data calon mahasiswa untuk bahan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN oleh rektor PTN; (2) melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK); (3) menyampaikan hasil UT BK kepada peserta dan PTN tujuan.

Keuntungan bagi masyarakat dengan adanya I.,TMPT yang akan menyelenggarakan UTBK: (l) ujian berbasis komputer mengurangi kesalahan pengisian identitas, kode soal dan pengisian lembar jawab; (2) UT BK dapat dilaksanakan di 74 lokasi pusat layanan UTBK PTN, sebanyak 10 kali layanan tes ; (3) hasil UT BK diserahkan kepada peserta secara individu 10 hari setelah pelaksanan tes; dan (4) setiap peserta dapat mengikuti tes maksimal 2 kali.

Kepada siswa dan sekolah atau masyarakat diharapkan memperhatikan secara cermat kerangka waktu pelaksanaan SNMIYFN dan SBMPTN 2019. Untuk kerangka waktu pelak•sanaan SNMPTN 2019 yaitu, Pengisian dan Verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) 4 – 25 Januari 2019; Pendaftaran SNMPTN 4 – 14 Februari 2019; dan Pengumuman Hasil SNMPTN 23 Maret 2019.

Bagi yang akan mendaftar SBMPTN 2019 maka tes masuk melalui UT BK dengan jadwal : Pendaftaran I Maret — I April 2019; Pelaksanaan Tes 13 April – 26 Mei 2019; Pengumuman Hasil UT BK 23 April – 2 Juni 2019. Pelaksanaan tes dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu dengan sesi tes terdiri dari sesi pagi dan sesi Siang.

Adapun, kerangka waktu pelaksanaan SBMPTN 2019 dijadwalkan; Pendaftaran pada tanggal 10 – 24 Juni 201 9; dan Pengumuman Hasil SBMPTN pada 9 Juli 2019.

Kemudian, untuk informasi secara resmi LTMPT dan layanannya dapat dilihat pada laman http://www.ltmpt.ac.id atau dapat menghubungi Sekretariat LTMPT di Gedung BPPT Lantai 23 Jalan MH. Thamrin No. 8, Jakarta 10340, Telp. (021) 3104041; Faks. (021) 3104042 atau Call-Center . ()804 1 450 450 dan HelpDesk: http://halo.ltmpt.ac.id. (WW)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close