Bisnis

Kemenperin Akan Ganti Mesin UKM Korban Banjir

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Mesin-mesin Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang rusak akibat banjir yang melanda beberapa wilayah di Indonesia akan diganti oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Banjir besar yang terjadi sejak awal Januari menyebabkan dampak serius bagi industri terutama di wilayah Jabodetabek. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang meyakini, industri besar mampu bertahan dalam mengatisipasi dampak banjir tersebut. Namun, ini akan menjadi beban bagi industri skala kecil dan menengah.

“Untuk IKM khususnya industri kecil yang mesin-mesinnya mengalami kerusakan dampak banjir itu akan kami fasilitasi dengan memberikan penggantian 100% dari mesin yang rusak,” kata Agus di kantornya, Jakarta, Senin (6/1/2020).

Proses pendataan masih dilakukan, belum diketahui pasti berapa mesin rusak yang akan diganti. Kementerian Perindustrian mengalokasikan anggaran sekitar Rp 4 miliar untuk darurat bencana.

“Jadi¬†assessment¬†[evaluasi] masih jalan. Minggu ini mudah-mudahan tidak ada lagi hujan lebat, minggu ini kami akan berkunjung ke lapangan untuk meninjau IKM yang terdampak dan memberikan layanan kepada mereka,” kata Agus.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian setempat untuk mendata kerusakan mesin.

“Nggak hanya wilayah Jabodetabek [yang mendapat penggantian penuh],” ujar Gati.

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close