Nasional

Kemenpan-RB Siap Proses Rekrutmen CPNS 2018

SURABAYA, SENAYANPOST.com – Menteri Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin menegaskan, rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 masih berproses.

Menpan RB menyampaikan ini saat menghadiri Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), Zona Integritas, dan Reformasi Birokrasi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Jawa Timur, di Kantor Pemprov Jatim, Senin (3/9/2018).

“Sedang berproses, ya. Sedang ditindaklanjuti. Sedang disiapkan,” ujarnya saat ditanya mengenai pernyataan Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy yang akan mengangkat 100 ribu guru honorer menjadi CPNS.

“Bukan mengangkat, ya, mengetes. Jumlahnya sedang dikalkulasi juga,” ujarnya saat ditemui usai memberikan pengarahan kepada jajaran Pemprov Jatim di Surabaya.

Demikian halnya terkait rencana pemerintah menggelar rekrutmen CPNS 2018 yang sempat diwacanakan digelar pada Juli lalu.

“Rekrutmen (CPNS) sedang dipersiapkan,” kata Syafruddin tanpa menyebutkan kapan rekrutmen itu akan digelar.

Saat ini, beberapa pemerintah daerah di Indonesia, termasuk Pemprov Jatim, sudah mengajukan jumlah kebutuhan pegawai ke Kemenpan-RB.

Soal kuota yang akan dipenuhi untuk setiap daerah, apakah Kemenpan-RB akan memenuhi semua kebutuhan Pemda? Menteri yang menjabat 15 Agustus lalu itu tidak memberikan keterangan yang gamblang.

“Sedang diatur, ya, saya belum tahu. Pasti ada, sudah ada semua: provinsi, semua kabupaten, kemudian lembaga, sudah ada semua,” ujarnya.

Berkaitan kehadirannya di Surabaya, Syafruddin mengatakan, dirinya hadir dalam pertemuan evaluasi ini sebagai bentuk apresiasi kepada Gubernur Jatim dan jajarannya.

“Provinsi Jatim ini mendapat nilai yang sangat tinggi dari seluruh provinsi di Indonesia. Karena itu saya datang memberikan apresiasi kepada gubernur dan seluruh jajaran,” ujarnya.

Kemenpan-RB, kata dia, saat ini hampir tuntas melakukan proses penilaian akuntabilitas publik (AKIP) dan Reformasi Birokrasi di Provinsi Jatim.

“Sudah di 33 kabupaten/kota, dan nilainya sudah sangat tinggi dibandingkan Provinsi lain. Nilainya 81,” ujar Menpan-RB yang mantan Wakapolri ini. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close