Ekonomi

Kemenkop dan UKM Genjot Jumlah Koperasi Penyalur KUR

DENPASAR, SENAYANPOST.com – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah bertekat menambah jumlah koperasi penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Tanah Air.

Karena sampai saat ini baru dua Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang telah disetujui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai penyalur KUR.

Kedua koperasi itu adalah KSP Kospin Jasa di Pekalongan, Jawa Tengah, dan Kopdit Obor Mas di Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Kami terus mendorong KSP ikut serta sebagai penyalur KUR,” kata Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM Yuana Setyowati, pada Sosialisasi Program KUR tingkat Provinsi Bali, di Denpasar, Bali, Jumat (29/6/2018).

Untuk saat, lanjutnya, ada sekitar 20 koperasi di Indonesia yang telah terdaftar mengajukan sebagai penyalur KUR ke OJK.

Dalam perkembangannya, ada beberapa koperasi yang memiliki peluang besar disetujui atau direkomendasi oleh OJK sebagai penyalur KUR.

“Sudah ada KSP yang hampir disetujui OJK menjadi penyakur KUR, namun terbentur pada persyaratan batas Non Performing LoanĀ  (NPL),” ujar Yuana.

Ia menjelaskan, untuk menjadi penyalur KUR, KSP harus memenuhi berbagai persyaratan, di antaranya KSP harus sehat dan berkinerja baik, melakukan kerjasama dengan perusahaan penjamin dalam penyaluran KUR.

Selain itu, tambahnya, KSP juga harus memiliki online system dengan sistem informasi kredit program, serta melakukan perjanjian dengan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close