Finansial

Kemenkeu Siap Cairkan Dana Penanganan Tsunami Selat Sunda

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan siap mencairkan dana penanganan bencana tsunami Banten dan Lampung. Sebagai informasi, pemerintah tahun ini menganggarkan dana cadangan bencana sebesar Rp 3,3 triliun.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Askolani, mengatakan saat ini besaran dana penanggulangan tsunami Banten dan Lampung akan dipenuhi terlebih dulu dari yang masih ada di kas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Apabila membutuhkan tambahan, Kemenkeu akan menunggu usulan besaran dari pihak BNPB.

“Akan dipenuhi dari dana yang sudah ada di BNPB. BNPB yang akan koordinasi kan. Untuk kebutuhan berikutnya akan ditunggu usulan dari BNPB untuk bantu tangani dampak tsunami tersebut,” kata Askolani, saat dihubungi merdeka.com, Senin (24/12/2018).

Sementara saat dikonfirmasi, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan pihaknya masih belum mengetahui besaran dana penanggulangan. Sebab, jumlah besaran dana tersebut masih dalam hitung-hitungan oleh pihaknya.

“Saya (masih) belum tahu,” ucapnya.

Seperti diketahui, pemerintah memiliki dana cadangan untuk penanganan bencana sebesar Rp 3,3 triliun pada APBN 2018. Dana tersebut dapat dicairkan apabila BNPB melakukan pengajuan kepada Kemenkeu untuk kebutuhan tambahan penanganan tsunami Banten dan Lampung.

KOMENTAR
Tags
Show More
Close