Ekonomi

Kemenhub Rilis Harga Tiket Pesawat Terbaru

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengumumkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) tentang aturan tentang tarif maskapai penerbangan berjadwal dalam negeri kelas ekonomi. Aturan tersebut tertuang dalam Permenhub Nomor 20 tahun 2019.

Adapun aturan turunannya yaitu Keputusan Menteri (Kepmen) nomor 72/2019.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan dalam aturan tersebut pemerintah mengubah aturan tarif batas bawah menjadi 35% dari tarif batas atas.

Sebelumnya, tarif batas bawah hanya 30% dari tarif batas atas.

“Tujuannya agar jangan terlalu ke bawah banget. Mereka (maskapai) kalau saling membunuh tidak baik,” kata Budi Karya

Namun dalam aturan ini ditegaskan pemerintah tidak mengintervensi maskapai penerbangan untuk menurunkan tarifnya. Seperti rencana yang sudah beredar sebelumnya.

“Kalau saya atur nanti dibilang intervensi lagi.”

Aturan ini, mulai berlaku pada 1 April 2019. Menurut Budi Karya seluruh maskapai sudah diajak berbicara mengenai aturan ini.

Lebih lanjut, batas bawah tiket pesawat ditetapkan sebesar 35% dari tarif batas atas. Misalnya, bila tarif batas atas sebesar Rp1 juta maka tarif batas bawah berada di angka Rp350 ribu.

“Rata-rata 35% dari batas atas. Itu jarak tarif batas atas dan batas bawah. Misalnya tarif batas atas Rp1 juta maka bawahnya Rp350 ribu,” ungkap VP Corsec PT Garuda Indonesia Ikhsan Rosan.

Adapun, regulasi yang berlaku mulai hari ini juga menentukan berbagai hal untuk pertimbangan maskapai mengatur harga tiket, yaitu memperhatikan persaingan yang sehat, perlindungan konsumen serta kewajiban publikasi besaran tarif. (WW)

 

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close