Lintas DaerahPendidikan

Kemenhub Dukung Itera Cetak SDM Perkeretaapian

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI melakukan kerja sama, dan mendukung penuh Institut Teknologi Sumatera (Itera) mendirikan program studi Teknik Perkeretaapian.

Direktur Jenderal Perkeretaapian RI, Zulfikri, mengatakan pihaknya sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan. Pembangunan tersebut harus diiringi juga dengan kualitas sumber daya manusia yang baik. Maka dari itu pihaknya melakukan kerjasama dengan Itera dalam sektor perkeretaapian.

“Kita harapkan Itera bisa membantu sektor perkeretaapian agar bisa lebih mandiri,” Direktur Jenderal Perkeretaapian RI, Zulfikri, di sela FGD Pendirian Program Studi S-1 Teknik Perkeretaapian dan Peresmian pusat studi perkeretaapian pada 2020 mendatang di Aula C Gedung ITERA, Lamsel, Lampung, Jumat (15/2/2019).

Ia mengatakan, ke depannya otomatis akan menyerap banyak tenaga kerja yang dibutuhkan untuk melakukan pembangunan jalur kereta api yang cukup banyak. Kemudian juga tenaga untuk memproduksi sarana prasarana kereta api dan pembuatan industri kereta api yang memerlukan tenaga yang banyak.

“Kita sebagai regulator perlu menyesuaikan perkembangan perkeretaapian. Jadi, kami harapkan tenaga kerja juga akan bertambah. Itera sebagai wadah untuk menyiapkan sumber daya manusia tersebut,” katanya.

Sementara itu, Rektor Itera, Ofyar Z Tamin mengatakan, pihaknya mendapat mandat sebagai institut terbaik yang ada di Sumatera. Maka dari itu pihaknya mempersiapkan segala sesuatunya. Sumber Daya Manusia harus terus dipersiapkan kemampuannya.

“Kami melihat untuk mendukung peran pemerintah didalam mengembangakan teknologi keretaapi. Kita akan membangun jalur kereta api dari Banda Aceh sampai Bakahueni Lampung. Itu membutuhkan SDM, kami ditugaskan untuk menyiapkan SDM itu,” katanya.

Pihaknya, jelas dia, akan membuat program studi S1 Teknik Perkeretaapian dengan kurikulum mengikuti perkembangan perkeretaapian. Rencananya, di Agustus 2020 pihaknya sudah membuka penerimaan mahasiswanya dan di 2024 pihaknya sudah memiliki lulusan yang bisa digunakan keilmuannya.

“Agustus 2020 kita buka penerimaan dan 2024 sudah mempunyai lulusan yang bisa diserap didalam industri yang berkaitan dengan perkeretaapian. Bisa jadi konsultan, kontraktor, dan sebagainya kemudian di pemerintahan baik di kabupaten, kota, provinsi dan nasional,” jelasnya. (AF)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close