Kemendikbud Pastikan Semester Depan Masih Kuliah Daring

Kemendikbud Pastikan Semester Depan Masih Kuliah Daring

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan jika perkuliahan di tahun ajaran baru masih akan berjalan secara daring. Kesehatan dan keselamatan mahasiswa menjadi pertimbangan utama.

“Untuk perkuliahan semester depan kita sepakat untuk tetap daring. sekali lagi demi keselamatan dan kesehatan adik-adik mahasiswa semua,” ujar Dirjen Dikti Kemendikbud, Nizam, dalam konferensi video, Jumat, 14 Agustus 2020.

Namun, Kemendikbud membierikan beberapa kelonggaran. Sebab, tidak semua jenis perkuliahan bisa dituntaskan dengan metode daring.

“Terkait dengan kelulusan, tugas akhir, disertasi, tentu tidak bisa kami halangi. Termasuk juga praktikum tidak bisa digantikan dengan daring,” ujar Nizam.

Namun, kata Nizam, jika memang praktikum harus tatap muka, pelaksanannya diminta dijadwalkan di akhir semester. Selain itu, protokol kesehatan juga harus ketat.

Dia tidak ingin praktik tatap muka malah membuat klaster baru penyebaran virus korona (covid-19). Makanya, perkuliahan yang masih memungkinkan dengan daring, jangan dipaksakan untuk tatap muka.

“Jangan sampai perguruan tinggi jadi kluster baru. Karena pembelajaran daring ini relatif bisa diselenggarakan di perguruan tinggi. Upaya-upaya untuk bisa membantu perkuliahan daring masih bisa kita upayakan,” ungkapnya.