Ekonomi

Kembalikan Perekonomian Korban Bencana Lewat Pelatihan Vokasi

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kemenkop dan UKM melaksanakan kegiatan yang terfokus pada pelatihan vokasi atau keterampilan.

Pelatihan vokasi ini terutama di daerah perbatasan, daerah tertinggal, pasca bencana dan Provinsi Papua serta Papua Barat.

“Langkah ini untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan SDM agar mampu dan dapat menerapkan ilmu yang dimiliki pada bidang usaha,” kata Plt Deputi Bidang Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM Rully Nuryanto, di Jakarta, Jumat (5/10/2018).

Pelatihan ini, menurut Rully Nuryanto, dilakukan sebagai upaya membantu mengembalikan perekonomian masyarakat yang sedang membutuhkan penguatan.

Khusus untuk pelatihan vocational pada daerah pasca bencana, peran Kemenkop dan UKM lebih pada upaya pemulihan sosial, ekonomi dan budaya melalui pembinaan kemampuan keterampilan masyarakat yang terkena bencana.

Pelatihan-pelatihan ini, tambahnya, meliputi bidang-bidang unggulan atau potensi lokal di daerah masing-masing.

Ia mencontohkan, untuk pelatihan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, yang terkena musibah banjir, diberi pelatihan bidang olahan pisang, emping dan jagung.

Kondisi serupa juga dilakukan di Kabupaten Karangasem, Bali, yang terkena musibah gunung meletus, mendapatkan pelatihan penyulingan minyak wangi dan dupa serta packaging.

Rully Nuryanto mengakui, kegiatan ini sangat berhasil, masyarakat menyambut baik dan ingin ada pelatihan semacam ini secara berkelanjutan. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close