Lintas Daerah

Kembali Terjadi Guguran di Gunung Merapi

YOGYAKARTA, SENAYANPOST.com – Pengamat Gunung Merapi melaporkan, selama enam jam mulai dari pukul 00.00 hingga 06.00 WIB hari Sabtu (12/1/2019) cuaca di kawasan puncak cukup cerah, angin bertiup lemah ke arah timur laut dengan suhu udara berkisar 19,2 hingga 22,2 derajat Celsius dan kelembabam udara 54-82 %, dan tekanan udara 838-945.3 mmHg.

Secara visual, dua pengamat Gunung Merapi, Ahmad Sopari dan Lasiman dalam laporannya menjelaskan gunung dapat terlihat jelas asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 20 m di atas puncak kawah.

“Teramati guguran lava pijar sebanyak sembilan kali, yakni ke arah tenggara tujuh kali dan ke arah timur laut dua kali dengan jarak luncur antara 50 -1700 m,” ujarnya.

Sementara untuk kegempaan, terjadi 11 kali guguran dua kali hembusan dan satu kali tektonik jauh.

“Kegiatan pendakian Gunung Merapi untuk sementara tidak direkomendasikan kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana dan radius tiga kilometer dari puncak harus tetap dikosongkan dari aktivitas masyarakat,” katanya. (WW)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close