Kriminal

Kembali, Petugas Bea Cukai Bandung Gagalkan Penyelundupan Ribuan Ekstasi

BANDUNG, SENAYANPOST.com– Kembali, penyelundupan narkotika jenis ekstasi yang dikirimkan melalui paket pos di Bandung berhasil digagalkan.

Ekstasi yang berjumlah sebanyak 1.953 butir tersebut dikirim melalui paket Kantor Pos MPC Bandung 40400 asal Bangladesh dan ditujukan kepada seorang F di Bandung.

“Petugas Bea Cukai melakukan analisa terhadap barang kiriman tersebut, ditemukan anomali terhadap X- ray dan pemeriksaan menggunakan Unit K9 Kanwil Bea Cukai Jawa Barat,” kata Kepala Kantor Wilayah Dirjen Bea dan Cukai Jawa Barat, Saefullah Nasution, di Kantor Bea Cukai Bandung, Senin (7/5/2018).

Pil ekstasi tersebut disembunyikan di dalam mainan. Setelah dilakukan uji laboratorium dan positif masuk narkotika golongan satu, barang bukti tersebut langsung diserahkan kepada Satres Narkoba Polrestabes Bandung untuk diproses lebih lanjut.

Dari tablet yang disita, terdapat dua jenis warna, yaitu warna merah dan abu-abu. Mobil mainan tersebut menyerupai mobil polisi.

Kerugian material dan immaterial yang akan timbul jika barang haram tersebut beredar ialah, uang tunai sebesar Rp 781.200.000. Serta mampu menyelamatkan 3.906 jiwa.

Akibat perbuatannya, F akan diancam pasal 113 ayat 2 UU No 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman berupa pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat lima tahun, dan paling lama 20 tahun serta denda paling banyak sebesar 3/4 dari Rp 10 miliar.

Penggagalan penyelundupan Narkotika, Psikotropika dan Prekusor (NPP) merupakan yang ke-10 dalam tahun 2018 yang dilakukan Bea Cukai Bandung. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close