Peristiwa

Keluarga Cendana Tak Terlihat di Makam, Ini Kata Ilham Habibie

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Anak-anak dari Presiden RI ke-2 Soeharto tak terlihat di rumah duka ataupun saat pemakaman presiden ke-3 RI, BJ Habibie. Putra BJ Habibie, Ilham Habibie tak bisa memastikan apakah ada perwakilan keluarga Cendana yang hadir.

“Wah saya tidak tahu, saya tidak perhatikan siapa yang datang, siapa yang datang saya tidak tahu. Itu musti ditanya sama yang mencatat, saya nggak bisa jawab itu,” kata Ilham usai Yasinan di kediamannya, Jalan Patra Kuningan XII, Jakarta Selatan, Jumat.

Ilham mengatakan, saat Habibie disemayamkan di rumah duka, dia berdiri berjam-jam untuk menyambut pelayat. Kondisi itu membuatnya tak memperhatikan setiap pelayat yang datang.

“Karena ribuan orang yang datang, berjam-jam, mungkin 8, 9, 10 jam saya berdiri. Saya sudah tidak sadar siapa saja yang datang,” ujarnya.

Dia juga menyebut tak melakukan komunikasi khusus dengan keluarga Cendana. Menurut dia, sudah beda generasi dengan anak-anak Soeharto.

“Mereka jauh lebih tua dari saya jadi saya nggak punya komunikasi, beda generasi sama saya,” pungkasnya.

Sebelumnya, sepanjang proses pemakaman BJ Habibie, tak tampak kehadiran anak-anak dari Presiden RI ke-2 Soeharto. Partai Berkarya memberi penjelasan.

“Semalam saya hadir di rumah duka, ikut salat jenazah. Karangan bunga yang besar dari Partai Berkarya (Tommy Soeharto dan Priyo BS) juga terkirim ke rumah duka. Siang ini saya juga hadir di pemakaman di TMP Kalibata,” kata Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso.

Priyo mengatakan keluarga besar Partai Berkarya ikut berduka atas meninggalnya BJ Habibie. Priyo mengaku memiliki kedekatan dengan almarhum. Saat ditanya apakah Tommy Soeharto menghadiri pemakaman Habibie atau absen, Priyo menjawab kalau Tommy sedang tak di Jakarta.

“Beliau sedang di luar kota,” ucap Priyo. (AR)

KOMENTAR
Tags
Show More
Back to top button
Close
Close