Hukum

Keluarga Belum Diizinkan Jenguk Langsung Napi di Lapas Narkotika

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Untuk mencegah penyebaran Covid-19, selama masa pandemi Covid-19, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Bandarlampung, Provinsi Lampung, belum mengizinkan adanya kunjungan langsung dari keluarga warga binaan pemasyarakatan (WBP).

“Untuk kunjungan langsung keluarga sampai saat ini belum kita terima. Masih menggunakan video call (VC),” kata Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Bandarlampung, Hensah, di Bandarlampung, Minggu (7/6/2020).

Ia mengatakan, kebijakan penggunaan video call disesuaikan dengan jumlah WBP. Meski belum mengizinkan kunjungan langsung, pihaknya sudah bisa menerima barang kiriman dari keluarga WBP.

Barang kiriman yang diterima petugas lapas harus melalui prosedur penanganan sterilisasi menggunakan semprot cairan khusus sebelum didistribusikan ke WBP.

Selain itu, adanya normal baru, lapas juga sudah mulai menerima narapidana baru. Proses penerimaan narapidana baru tetap dilaksanakan di rutan sebelum dikirim ke Lapas Narkotika.

Penerimaan napi baru tersebut dengan persyaratan khusus, antara lain harus ada surat keterangan dan bukti rapid test. Kemudian, narapidana baru ini ditempatkan tersendiri di ruang karantina minimal 10 hari dan maksimal 14 hari.

Sebelum ditempatkan bersama narapidana lainnya, napi akan dirapid test kembali. “Apabila hasilnya bagus bisa ditempatkan di kamar-kamar bersama napi lain,” jelasnya. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close