Lintas Daerah

Kelompok Massa Bentrok Lagi di Bumiratu Nuban, 2 Rumah Terbakar

LAMPUNG, SENAYANPOST.com – Kelompok massa bentrok lagi di Kampung Bumiratu, Kecamatan Bumiratu Nuban, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, Jumat (15/3/2019) dini hari sekira pukul 01.00 WIB.

Bentrokan dua kelompok warga ini sebelumnya dipicu perkelahian warga Dusun Kebagusan Luar dengan seorang warga Dusun 1 bernama Alwi, pada 3 September 2018 silam.

Dalam peristiwa itu, Alwi mereggang nyawa akibat terkena tusukan senjata tajam. Sementara dua warga Dusun Kebagusan Luar, Yusuf Sukarji (61) dan Gidion Dwi Kurniawan (30), ditetapkan sebagai tersangka. Keduanya saat ini berstatus narapidana. Yusuf divonis hukuman tujuh tahun penjara, sedangkan Gidion tiga tahun.

Kedua kubu kembali bentrok karena sama-sama meminta ganti rugi. Kubu Alwi meminta pengembalian nyawa, sementara kubu Yusuf dan Gidion meminta pengembalian rumah yang sudah hangus terbakar saat peristiwa 3 September 2018 lalu.

Di lokasi, kedua kubu tampak saling serang dengan melempar batu. Bahkan, terdapat dua unit rumah yang sudah terbakar. Peristiwa ini juga menyebabkan lumpuhnya arus lalu lintas di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya di Bumiratu Nuban.

Hingga pukul 03.30 WIB terpantau amarah dari ribuan warga kedua kelompok masa berhasil ditenangkan anggota gabungan dari TNI dan Polri. Bahkan, sampai Jumat siang ratusan personel gabungan polisi dan TNI bersiaga di lokasi penyerangan oleh sekelompok massa di Kecamatan Bumiratu Nuban, Lampung Tengah tersebut.

Kapolres Lampung Tengah, AKBP I Made Rasma Jemy mengatakan, kepolisian bersama TNI telah melokalisir TKP dan saat ini situasi kondusif. Menurut Kapolres, sekitar 800-an personel gabungan dari Polda, Polres dan Kodim 0411 disiagakan.

Selain itu, pihaknya akan berupaya mencari akar masalah dan menyelesaikannya bersama-sama dengan instansi terkait lainnya. “Kami akan menyelesaikan masalah ini. Kami juga menjamin keamanan warga Bumiratu Nuban dan pengendara yang melintasi jalinsum sekitar TKP,” tegas Kapolres.

Sementara, Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemerto, meninjau kondisi lokasi kerusuhan di Bumiratu Nuban. Bupati Loekman berjanji segera menurunkan bantuan untuk korban yang rumahnya rusak.

“Kami segera kirimkan bantuan untuk yang rumahnya rusak. Tetapi jauh lebih penting sebenarnya mengatasi dampak psikologisnya,” ujar bupati. (JS)

KOMENTAR
Tags
Show More
Close