Nasional

Kelangsungan Proyek Kereta Cepat, Menhub akan Bicara dengan KCIC

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Kelangsungan proyek kereta cepat yang dihentikan sementara karena menyebabkan banjir dan kemacetan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Purbaleunyi, akan dibahas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

“Pak Menteri akan berbicara dengan KCIC, Dirutnya akan melakukan langkah selanjutnya seperti apa,” kata Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi Adita Irawati saat ditemui di konferensi pers Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Ia menambahkan, intinya sebenarnya Pak Menteri mengerti apa keputusan PUPR, itu semua akan menjadi bahan yang akan dibicarakan dengan Dirut KCIC.

Pihaknya, lanjutnya, belum mengetahui apakah penundaan pengerjaan proyek tersebut akan berdampak pada pembengkakan besaran investasi.

“Jangan spekulasi dulu lah ya, nanti kita akan lihat dulu kalau dari Pak Menteri lihat minggu lalu komitmennya semua tepat waktu. Nanti, kita lihat dulu saja hasil pertemuan dengan KCIC,” katanya.

Meski demikian, ia menegaskan Menhub sudah menekankan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung tidak boleh mundur dari target yang ditetapkan, yakni akhir 2021.

“Saya enggak bilang begitu ya, makanya tergantung hasil pertemuan nanti. Pak Menteri memang sudah menegaskan ini enggak bisa mundur. Deadline-nya kan akhir 2021,” katanya.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Komite Keselamatan Konstruksi meminta penghentian sementara kegiatan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung selama dua pekan dimulai sejak 2 Maret 2020. (Jo)

KOMENTAR
Tag
Show More
Back to top button
Close
Close