Kekayaan Presiden di Dunia, Putin Paling Tajir dengan Rp996 Triliun

Kekayaan Presiden di Dunia, Putin Paling Tajir dengan Rp996 Triliun

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Presiden dan raja-raja di dunia kerap disorot masyarakat internasional karena jumlah kekayaannya. Meski hidup mewah, sebagian dari mereka menyembunyikan aset-asetnya sehingga sulit diakses media.

Berikut ini deretan presiden dan raja dengan kekayaan terbesar di dunia seperti dilansir Sindonews:

1. Presiden Vladimir Putin Rp996 Triliun

Presiden Rusia Vladimir Putin menduduki puncak daftar ini sebagai presiden terkaya di dunia dan dilaporkan oleh Forbes memiliki kekayaan USD70 miliar (lebih dari 996 triliun).

Gajinya adalah USD187.000 per tahun. Laporan lain dari kubu oposisi Rusia menyebut kekayaan orang nomor satu Kremlin mencapai sekitar Rp3.066 triliun.

2. Raja Maha Vajiralongkorn Rp426 Triliun

Putra tunggal mendiang Raja Bhumibol Adulyadej dan Ratu Sirikit menempati posisi kedua dalam daftar ini. Maha Vajiralongkorn adalah raja Thailand saat ini.

Di negaranya; Thailand, pria ini memiliki reputasi yang sangat hebat, meski kerap memicu kontroversi terkait kehidupan pribadinya.

Kekayaan Maha Vajiralongkorn, menurut majalah Forbes, bernilai USD30 miliar (lebih dari 426 triliun), menempatkannya dengan nyaman di posisi kedua ini dalam daftar pemimpin terkaya di dunia.

3. Sultan Hassanal Bolkiah Rp284 Triliun

Hassanal Bolkiah adalah Sultan Brunei Darussalam dan memiliki kediaman pribadi terbesar di dunia. Sultan Hassanal menerbangkan Boeing 747-400 miliknya sendiri dan dikenal memiliki koleksi mobil yang sangat banyak untuk penggunaan pribadinya.

Kekayaan bersih Sultan Hassanal Bolkiah yang mencapai USD20 miliar (lebih dari Rp284 triliun) sebagaimana dilansir Forbes, dengan mudah menempatkannya di posisi ketiga dalam daftar ini.

4. Raja Salman bin AbdulAziz al-Saud Rp284 Triliun

Salman bin Abdulaziz al-Saud adalah Raja Arab Saudi dan lahir pada 31 Desember 1935 di Riyadh di Arab Saudi. Dia menjadi raja pada usia 80 tahun setelah kematian saudara tirinya, Raja Abdullah bin Abdulaziz al-Saud.

Sebagian besar uangnya adalah pendapatan dari minyak dan menurut Forbes, dia memiliki kekayaan bersih USD20 miliar (lebih dari Rp284 triliun), menjadikannya pemimpin terkaya keempat di dunia.

Ketika datang ke suatu negara, pemimpinnya, seringkali adalah presiden negara itu. Dalam beberapa kasus, seorang raja, atau ratu atau perdana menteri mungkin menjadi pemimpin, semua tergantung pada bagaimana pemerintahan dijalankan.

5. Presiden Khalifa bin Zayed al-Nahyan Rp256 Triliun

Posisi kelima dalam daftar ini jatuh kepada Presiden Uni Emirat Arab (UEA). Pria hebat ini lahir pada tahun 1948 pada tanggal 25 Januari di Al Ain, UEA.

Presiden Khalifa dikenal karena sumbangan besar sebesar USD460 juta yang dia buat, yang membuatnya disebutkan di Wikileaks. Pria ini tidak dikenal memiliki gaya hidup yang sangat mewah, namun berdasarkan laporan Forbes, kekayaannya mencapai USD18 miliar (lebih dari Rp256 triliun) dan saat ini menempati posisi kelima dalam daftar pemimpin negara terkaya di dunia.

6. Mohammed bin Rashid al-Maktoum Rp199 Triliun

Mohammed bin Rashid al-Maktoum adalah Penguasa Dubai yang juga menjabat sebagai Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab (UEA).

Pria ini telah berperan dalam transformasi lengkap Dubai, dan juga memiliki 99,6% dari perusahaan induk yang memiliki hampir segalanya. Kekayaan bersih yang menempatkannya di posisi keenam dalam daftar ini seperti yang dilaporkan oleh Forbes adalah USD 14 miliar (lebih dari 199 triliun).

7. Hans-Adams II Rp49,8 Triliun

Hans Adams adalah Pangeran Liechtenstein dan lahir pada 14 Februari 1945 di Zurich, Swiss. Ayah dan ibunya adalah Franz Joseph II yang merupakan Pangeran Liechtenstein dari tahun 1906 hingga 1989 dan Countess Georgina Von Wilczek (1921–1989).

Hans-Adams II juga memiliki gelar lain termasuk Duke of Troppau dan Jägerndorf serta Count of Rietberg. Pria hebat ini adalah pemilik grup perbankan dan juga memiliki banyak koleksi seni.

Dia dikenal berpendapat bahwa bentuk pemerintahan terbaik adalah demokrasi, tetapi posisinya sebagai penguasa kerajaan bertentangan dengan kepercayaannya. Forbes melaporkan pangeran memiliki kekayaan bersih USD3,5 miliar (lebih dari Rp49,8 triliun).

8. Presiden Sebastian Pinera Rp41 Triliun

Dia adalah Presiden Chili saat ini dan lahir pada tanggal 1 Desember di tahun 1949. Jabatannya saat ini datang setelah pemilu di bulan Desember 2014. Sebastian masih menjadi presiden hingga saat ini.

Politisi, pengusaha, investor, dan ekonom ini dilaporkan Forbes memiliki kekayaan USD2,9 miliar (lebih dari Rp41 triliun), dan saat ini memegang posisi ke-8 dalam daftar sepuluh besar presiden dan raja terkaya dunia.

9. Hamad bin Khalifa al-Thani Rp35,5 Triliun

Hamad bin Khalifa adalah Emir Qatar, dan dia menempati posisi ke-9 dalam daftar ini. Qatar adalah salah satu negara terkaya di dunia, oleh karena itu, kemungkinan besar emirnya menjadi salah satu yang terkaya.

Hamad bin Khalifa telah memerintah sejak ayahnya meninggal pada tahun 1995. Ketika ayahnya masih hidup, Hamad mendukung jaringan berita Al Jazeera. Kekayaannya tercatat sebesar USD2,5 miliar atau lebih dari Rp35,5 triliun.

10. Mohammed VI Rp29,8 Triliun

Mohammed VI adalah Raja Maroko saat ini dan tercatat sebagai pemimpin terkaya ke-10 di dunia. Dia naik takhta pada tahun 1999 pada tanggal 23 Juni, menyusul kematian ayahnya, almarhum Raja Hassan.

Dia adalah anak kedua, tetapi putra pertama dan tertua almarhum Raja Hassan II dengan istri keduanya.

Mohammed VI diangkat sebagai putra mahkota dan pewaris takhta Maroko pada hari kelahirannya. Mohammed VI adalah salah satu pengusaha terkemuka di Maroko dan dia tidak memiliki tuduhan korupsi yang ditujukan kepadanya.

Dia dilaporkan memiliki kekayaan bersih USD2,1 miliar atau lebih dari 29,8 triliun. (MU)