Kejahatan Siber Rugikan Rp 8.160 Triliun

Kejahatan Siber Rugikan Rp 8.160 Triliun

JAKARTA, SENAYANPOST.com - Kerugian akibat kejahatan siber mencapai Rp 8.160 triliun per tahun. Sehingga diperlukan sinergi yang baik dari berbagai lembaga terkait untuk menghadapi tantangan ini secara bersama-sama.

“Kita perlu terus mendorong literasi keuangan dan mengedukasi secara spesifik setiap lapisan masyarakat," kata Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi Tirta Segara, dalam keynote speechnya pada Webinar Series 2 Indonesia Marketing Association (IMA) yang membahas literasi keuangan dan perlindungan konsumen di era digital, Selasa (17/11/2020).

Ia menambahkan, digitalisasi terjadi di seluruh aspek baik transportasi, traveling, dunia hiburan, perbelanjaan dan tentunya di bidang keuangan. 

Selain banyak manfaat yang diperoleh, di sisi lain setiap tahun terus bermunculan financial technology (fintech) ilegal dan investasi bodong yang jumlahnya mencapai ribuan akun. 

Jadi, kata Tirta, kita harus melindungi kedua sisi, yaitu konsumen serta lembaganya, sehingga akhirnya akan diperoleh peningkatan tingkat kepercayaan bagi semua stakeholders jasa keuangan tersebut. 

"Karena itu, program perlindungan konsumen di era digital menjadi semakin penting dan krusial," tambahnya.

President IMA, Suparno Djasmin, mengharapkan bahwa diskusi seperti Webinar yang dilakukan IMA ini perlu dibagikan ke banyak orang, agar literasi dan inklusi keuangan dapat semakin baik.

"Kita berharap konsumen dan penyedia jasa keuangan dapat terhindar dari kerugian," katanya. (Jo)